Unsur Logam

Dapatkah kalian menyebutkan contoh unsur logam yang ada di sekitar kalian?

Bagaimanakah ciri-ciri logam yang kalian telah ketahui?

Pada bagian ini akan kita bahas mengenai unsur logam yang ada di alam. Kebanyakan unsur yang ada di alam adalah logam. Logam merupakan sebuah unsur yang mengkilap. Logam merupakan penghantar panas dan listrik yang baik, mudah dibentuk, dan liat. Logam dapat memantulkan cahaya sehingga memiliki sifat mengkilap. Beberapa logam dapat ditempa menjadi bentuk yang pipih tanpa mengalami kerusakan karena sifatnya yang mudah dibentuk. Karena sebagian logam bersifat liat, maka logam tersebut dapat ditarik menjadi kawat atau kabel halus.

Logam juga memiliki sifat kimia yang sangat berbeda. Logam dapat bereaksi dengan asam membentuk garam dan dengan oksigen di udara membentuk oksida basa. Semua logam dapat diurutkan menurut reaktivitasnya terhadap air dan terhadap udara. Tingkat reaktivitas ini dikenal dengan seri reaktivitas. Tingkatan juga menunjukkan tingkat kemudahannya di ekstraksi dari bijih-bijihnya. Pada tabel 1. Disajikan beberapa contoh unsur logam.

Salah satu logam yang digunakan dalam industri pande besi ialah besi. Besi merupakan salah satu unsur logam dalam sistem periodik unsur. Logam besi memiliki lambang Fe, yang merupakan singkatan dari ferrum.  Besi (Fe) merupakan salah satu logam yang mempunyai peranan sangat besar dalam kehidupan manusia. Kelimpahannya juga sangat besar dan merupakan jenis logam terbanyak kedua di kulit bumi. Karena kelimpahannya yang sangat besar itulah, maka besi banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam industri pande besi. Di alam, besi berada dalam bentuk senyawanya, terutama sebagai bijih besi, beberapa senyawa yang mengandung Fe2O3 (hematite), Fe2O3.H2O (limonit), Fe3O4 (magnetic), FeCO3 (siderite), dan FeS2 (pirit). Sebelum digunakan untuk membuat peralatan logam, besi harus dimurnikan agar menjadi besi murni (Fe). Setelah dimurnikan, dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari besi (Fe) dicampur dengan karbon agar memiliki sifat yang lebih kuat. Kadar karbon yang dicampurkan dalam besi untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari berkisar antara 2-2,67%.

Bagaimana dengan baja? Tahukah kalian apakah baja itu?

Baja merupakan besi yang dicampuri karbon dengan kadar tertentu yang biasanya kurang dari 2%. Jadi, antara besi dan baja memiliki perbedaan pada kadar karbon yang ada di dalamnya.

Untuk memperoleh efek khusus pada baja, maka baja dicampur dengan logam-logam transisi yang sesuai dengan sifat, kualitas dan kegunaan tertentu. Pencampuran dilakukan dengan hati-hati dan teliti untuk mendapatkan komposisi campuran yang memenuhi sifat yang diinginkan. Jenis baja ini disebut baja alloy atau campuran.

Efek khusus logam transisi yang dicampurkan pada baja , antara lain:

  1. Kobalt (Co) : membuat baja tetap kuat pada suhu tinggi.
  2. Krom (Cr) : membuat baja menjadi lebih keras, tahan gesekan, tahan korosi, dan tahan temperatur tinggi.
  3. Mangan (Mn) : membuat baja menjadi keras, tahan aus dan tahan gesekan.
  4. Molibden (Mo) : memperbaiki kekerasan baja, tahan goncangan dan tahan temperatur tinggi.
  5. Nikel (Ni) : membuat baja tahan korosi
  6. Silikon (Si) : pada konsentrasi tinggi membuat baja tahan kondisi asam, pada konsentrasi rendah memperbaiki sifat magnetik dan sifat listrik baja.
  7. Vanadium (V): memperkuat baja dan meningkatkan ketahanan baja terhadap panas.

Berdasarkan komposisi dan jenis logam transisi yang dicampurkan, baja dibagi menjadi:

  1. Stainless steel : baja tahan karat mengandung Cr 19%, Ni 9%, dan Fe 72%.
  2. Baja krom : baja yang tahan karat tahan panas mengandung 12%-18% Cr.
  3. Baja nikel : baja tahan karat dan keras, mengandung 25% Ni.
  4. Baja mangan : baja sangat keras mengandung 11%-14% Mn.

Besi dan baja merupakan logam yang paling banyak digunakan manusia untuk berbagai keperluan. Hal ini disebabkan karena antara lain:

  • Jumlahnya cukup banyak dan mudah didapat
  • Mempunyai sifat mekanik (kekuatan, keuletan) yang memadai
  • Mudah dikerjakan
  • Harganya relatif murah

Dibawah ini merupakan tabel perbedaan antara besi dan baja:

Unsur logam biasa digunakan, antara lain untuk membuat perkakas rumah tangga, pesawat terbang, kereta, dan jembatan. Sejak zaman dahulu, logam banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa logam beserta sifat dan kegunaannya dicantumkan pada tabel 3.

Tabel 3. Kegunaan Unsur Logam

Gambar 1. Penerapan Unsur Logam dalam Kehidupan Sehari-hari

Back

Next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s