Kesehatan Kerja

Coba kalian sebutkan bahaya apa sajakah yang dapat ditimbulakan terhadap kesehatan pada proses kerja pande besi?

Pada semua proses pande besi memiliki bahaya potensial yang dapat menganggu kesehatan pande besi, bahaya tersebut diantaranya adalah panas, bising, sikap kerja yang tidak ergonomis, getaran, pancaran api, uap logam, sinar infra merah dari alat las, dan polusi debu dari pembakaran.

Emisi pencemaran udara atau debu dari pembakaran oleh pande besi sangatlah berbahaya bagi kesehatan pernafasan. Ditinjau dari sumber pencemarnya, yang mempunyai risiko terbesar terkena paparan logam keras adalah mereka yang terlibat dalam produksi pemanasan tungku pada proses pemanasan. Meskipun pekerja yang terlibat penggerindaan dan pengasahan adalah yang paling terpapar terhadap bahaya tersebut, namun para pekerja yang bertugas di dekat tempat kerja yang sama dapat pula berisiko tinggi terkena paparan.

Partikel logam memasuki paru-paru dengan cara yang sama dengan distribusi partikel debu lainnya. Partikel logam yang tak larut tertahan dalam jaringan paru, sementara komponen-komponen yang larut dibawa darah ke bagian tubuh yang lain. Jika ini terjadi secara terus menerus maka akan terjadi gangguan saluran pernafasan. Gangguan tersebut sering disebut dengan pneumoconiosis.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pneumocioniosis maka seorang pande besi harus menggunakan peralatan keselamatan kerja yaitu masker atau pelindung pernapasan.

Back

Next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s