Pembagian Kerja Pande Besi

Menurut kalian apakah pande besi itu bekerja sendiri?

Tidak, pande besi tidak bekerja seorang diri, namun ada beberapa orang dengan pembagian kerja masing-masing.

Dalam industri pande besi ini terdiri dari empat bagian pekerjaan. Bagian itu adalah empu, panjak, tukang ubub, dan tukang kikir.

1. Empu

IMG_0096Gambar 1. Empu pande besi

Empu disebut juga guru pandai besi. Dia mengatur produksi setiap peralatan yang dibuat. Empu memegang besi yang akan dibentuk sekaligus mengatur bagian mana yang harus ditempa agar menjadi bentuk alat seperti yang di inginkan. Penempaan besi ini tergantung arahan dari empu. Bisa dikatakan empu ini merupakan desainer dalam pande besi.

2. Panjak

Gambar 2. Panjak yang sedang menempa logam

Panjak merupakan pengayun palu. Ada dua atau tiga orang panjak dalam satu area kerja pande besi. Selama bekerja, panjak mengambil tempat di belakang paron (landasan tempa), menghadap empu. Ketika empu meletakkan batang besi merah panas di atas paron (landasan tempa), panjak mengayunkan palunya di atas kepala, menghentakkannya ke bawah dengan pukulan keras, mengubah bentuk batang logam itu dan sekaligus meningkatkan kepadatannya. Jika ada dua atau tiga panjak, mereka menempa secara bergantian, menciptakan nada dua atau tiga ketukan yang terdengar seperti musik.

3. Tukang Ubub

Gambar 3. Tukang ubub

Tukang ubub adalah orang yang bertugas memompa angin agar arang membara. Tukang ububduduk di atas panggung pompa dan menurunkan batang ubub dengan irama dua ketukannya sendiri.

Ububan (pompa) berupa dua buah tabung silindris yang dipasang berjejeran. Dua tabung ini di dalamnya diberi klep yang bisa digerakkan ke atas dan ke bawah seperti gerak pompa ban. Pada bagian lain dari tabung ububan ini terdapat pipa pendek. Pipa pendek ini ditanam di dalam tanah dalam kedalaman sekitar 10-15 cm. Pada bagian ujung pipa ini diletakkan (ditimbunkan) arang membara. Nyala api bara ini bisa diperpanas atau diperbesar dengan ”tiupan” angin dari ububan. Kadang ububan juga dapat digantikan dengan pompa tangan.

4. Tukang Kikir

Gambar 4. tukang kikir

Tukang kikir  mengasah dan/atau menggerinda bagian pinggiran alat untuk membuatnya tajam. Dia bisa jadi mengerjakan tugas finishing lainnya, seperti menggosok permukaan alat dengan ampelas, atau memoles bagian luarnya dengan lapisan pelindung anti karat. Tukang kikir duduk terpisah dari pekerja lainnya, di sebuah sudut area kerja atau di tempat yang teduh di bawah lis atap persis di luar area kerja. Sembari bekerja, dia terkadang duduk bersila, dan terkadang duduk dengan satu kaki menjulur menahan rak kecil tempat bersandarnya alat yang sedang dikerjakan.

Back

Next

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s